Sereida Tambunan, perempuan Batak Toba, kader PDI Perjuangan mendaftar sebagai calon Bupati di Kabupaten Toba

By Admin

nusakini.com, Tahapan pemilu kepala daerah memasuki tahapan pendaftaran. Partai-partai politik membuka pendaftaran untuk calon-calon gubernur, walikota dan bupati. Tidak ketinggalan partai-partai politik yang berada di kabupaten Toba, Sumatera Utara. 

Sereida Tambunan, perempuan Batak Toba, kader PDI Perjuangan menyerahkan formulir pendaftaran untuk calon Bupati Kabupaten Toba, Sumatera Utara di sekretariat DPC PDI-Perjuangan Kabupaten Toba, Minggu, 5 Mei 2024.

Diketahui, Sere, panggilan Sereida Tambunan adalah kader PDI Perjuangan yang sering mendapat menugasan dari DPP PDI-P dan sekarang sebagai sekretaris departemen internal DPP PDI Perjuangan. Sere saat ini juga sebagai Ketua Umum Pergerakan Indonesia

Pada periode 2014-2019, Sere pernah duduk sebagai anggota dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) DKI Jakarta. 

Ketika dimintai komentarnya saat menyerahkan formulir pendaftaran, Sere mengatakan dengan pengalaman yang dimilikinya, ia akan memajukan masyarakat dan kabupaten Toba, utamanya dari bidang pendidikan, kesehatan dan pariwisata. Ketiga bidang ini dirasa sangat urgen untuk kemajuan masyakarat dan kabupaten Toba. 


"Saya melihat fakta bahwa pendidikan, kesehatan dan pariwisata adalah hal yang sangat urgen untuk dikembangkan di Kabupaten Toba. Dengan APBD lebih dari Rp1 trilyun, saya kira dengan pengalaman saya sebagai anggota dewan di DKI Jakarta, saya mampu dan yakin untuk memajukan kabupaten Toba", tutur Sere. 

"Kita akan perkuat pendidikan, kita akan perkuat bidang kesehatan. Kita akan kasih beasiswa adik-adik pelajar setingkat SMU untuk belajar di universitas bidang pertanian, perkebunan dan perikanan. Kabupaten Toba memiliki potensi untuk mengembangkan 3 sektor itu. Kita perlu putra-putri kita untuk ikut serta memajukan kabupaten tercinta ini", papar Sere

Lebih jauh Sere menyoroti sektor pariwisata di kabupaten Toba. "Ada banyak titik pariwisata yang oleh pemerintah pusat dijadikan kawasan strategis pariwisata nasional. Namun dalam perjalannya, pengelolaan kawasan-kawasan tersebut belum bisa bersuara banyak menyumbangkan pendapatan daerah. Ini harus kita benahi mulai dari pembinaan masyakarat sekitar daerah wisata sampai pembenahan fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan oleh para wisatawan". Tutup Sere. 

Sebagai aktifis kesehatan Sereida Tambunan juga memprioritaskan pelayanan kesehatan yang layak bagi warga Toba. Rakyat sehat, ekonomi akan sehat, kata Sere.

Selama menjabat DPRD DKI Jakarta Sereida Tambunan juga peduli dengan masalah pendidikan dan Kebudayaan. 

Kerja-kerja kerakyatan sudah menjadi bagian dalam aktifitasnya sehari-hari.

Diketahui, hasil pemilu legislatif tahun 2024 di kabupaten Toba, PDI-P menduduki perolehan suara terbesar dibandingkan lartai-partai lain. PDI-P mendudukan calon legislatifnya sebanyak 8 kursi dari 30 kursi DPRD kabupaten Toba. Dengan perolehan ini, berdasarkan keputusan PKPU nomor 2 bulan Januari, 2024 PDI-P dapat mencalonkan bupati dan wakil bupati secara sendiri. (*)